Tentang #TellYourStory

Q: Apa itu #tellyourstory?

A: Sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Tay Juhana Foundation yang diselenggarakan untuk memperingati hari pangan dunia. Tema #tellyourstory di tahun ini adalah “Secure Our Food from Crisis”. 

 

Q: Apa saja agenda #tellyourstory tahun ini?

A: Workshop dan kompetisi yang akan menghasilkan output berupa video dokumenter sesuai dengan tema yaitu “Secure Our Food from Crisis”. 

 

Tentang Pendaftaran

Q: Apakah saya bisa mendaftarkan diri secara individu? 

A: Tentu bisa.

 

Q: Bagaimana cara untuk menjadi peserta workshop dan kompetisi video?

A: Calon peserta hanya perlu mengisi formulir yg terlampir di guideline (tanpa mengirim video di awal pendaftaran). 

 

Q: Apakah semua calon peserta yang sudah mengisi formulir akan mengikuti rangkaian workshop dan kompetisi?

A: Sayangnya tidak. Dari seluruh calon peserta yang telah mengirim formulir. Panitia akan menyeleksi kembali berdasarkan jawaban peserta sehingga akan terpilih sebanyak 8-10 individu/tim yang akan mengikuti rangkaian workshop dan kompetisi (yang nantinya disebut sebagai finalis).

 

Q: Apa saja penilaian yang dilihat oleh panitia agar saya bisa terpilih menjadi finalis?

A: Penilaian akan dilihat berdasarkan jawabanmu dalam mengisi pertanyaan berbentuk esai mengenai pandanganmu soal food security, food crisis, serta video apa yang ingin kamu buat saat mengikuti workshop dan kompetisi. 

 

Q: Jadi saya hanya perlu mengirim ide tentang video yang akan saya buat mengenai tema (food crisis) saja?

A: Benar.

 

Q: Bentuk video seperti apa yang diharapkan oleh panitia? Apakah bebas?

A: Output video yang diharapkan dari event ini adalah video pendek berbentuk dokumenter. Peserta diharapkan dapat mengembangkan ide sesuai dengan bentuk video tersebut.

 

Tentang Workshop dan Kompetisi

Q: Setelah menjadi finalis, apakah peserta langsung diarahkan untuk membuat video dokumenter?

A: Benar. Para finalis akan mengikuti rangkaian webinar terlebih dahulu agar lebih mendalami isu mengenai food security dan food crisis, kemudian peserta akan mendapatkan fasilitator yang bisa mengarahkan setiap finalis untuk membuat video dokumenter.

 

Q: Apakah video dokumenter yang dibuat perlu memakai kamera khusus?

A: Tidak. Dalam event ini, panitia ingin mengajak peserta untuk membuat video dokumenter dengan memanfaatkan kamera handphone.

 

Q: Apakah maksud Ideation Week?

A: Ideation week adalah kegiatan dimana setiap finalis akan diberikan waktu untuk mengeksekusi ide-idenya ke dalam bentuk video. Dalam tahap ini, finalis akan mendapatkan pendampingan khusus oleh fasilitator yang berpengalaman dalam produksi video.

 

Q: Apakah ada waktu khusus yang diperlukan finalis untuk menghadiri Ideation Week? Bagaimana jika finalis berhalangan hadir?

A: Tidak ada. Waktu mentoring akan dipilih berdasarkan kesepakatan finalis dan fasilitator. Namun, perlu dicatat dengan baik bahwa Ideation Week adalah kesempatan paling besar dimana para finalis dapat belajar banyak secara teknis mengenai pembuatan video yang menarik. Peserta diharapkan mampu manfaatkan waktu Ideation Week ini sebaik mungkin.

 

Q: Apa peran fasilitator selama Ideation Week?

A: Fasilitator hanya berperan dalam mengarahkan finalis agar tetap membuat video sesuai tema: securing our food from crisis, serta memberikan arahan teknis yang dibutuhkan peserta (tips mengambil gambar, editing, dsb). Untuk segala proses teknis produksi video dari pra-produksi hingga pasca-produksi akan dilakukan oleh finalis itu sendiri. 

 

Q: Bagaimana jika saya tidak bisa mengikuti rangkaian acara hingga akhir?

A: Finalis yang tidak dapat mengikuti acara hingga akhir akan didiskualifikasi dan tidak akan mendapatkan paket merch serta sertifikat finalis dari panitia.

 

Q: Bagaimana jika saya tidak dapat menyelesaikan video sesuai waktu yang telah ditentukan?

A: Sebelum submit formulir, calon peserta diharapkan sudah memiliki pandangan mengenai video yang akan diproduksi dan mampu direalisasikan serta bagaimana cara untuk memproduksinya. Sehingga selama kegiatan Ideaton Week yang berlangsung selama 10 hari, peserta tinggal mengeksekusi ide video tersebut.

 

Q: Apakah Juara 1-3 berbeda penilaiannya dengan juara favorit?

A: Betul. Juara 1-3 akan dinilai berdasarkan beberapa indikator yang telah ditentukan oleh dewan juri. Sedangkan juara favorit akan dinilai berdasarkan hasil engagement (like dan comment) saat masa publikasi video di sosial media.

 

Q: Apakah satu finalis bisa mendapatkan dua predikat pemenang?

A: Tidak bisa. Juara favorit akan ditentukan setelah penentuan juara 1-3, sehingga tidak akan ada finalis yang mendapatkan dua predikat pemenang.

 

Q: Apakah acara ini berbayar?

A: Tidak. Acara ini tidak berbayar alias gratis.

 

Q: Baik. Saya mengerti. Bagaimana cara mendaftar?

A: Silahkan membaca guideline di sini untuk mengetahui detail acara workhsop & kompetisi serta link pengisian formulir.

Kami tunggu partisipasimu!